Relaksasi gelombang otak - cara cepat untuk mencapai relaksasi

Anda selalu merasa tegang dan mudah panik, lalu mengakibatkan kepala sering pusing, berat, sakit, sesak nafas, perut terasa mual atau sering berkeringat dingin? kalau ya, berarti anda harus mulai belajar dan membiasakan relaksasi atau meditasi.

tapi sebelumnya, izinkan saya becerita sedikit...

dulu, sekitar tahun 1990 s.d 2005 -an, istilah meditasi, relaksasi, olah pernafasan, mulai dikenal dan secara masive mulai dipopulerkan oleh berbagai organisasi , baik yang berlabel tenaga dalam, yoga, senam, training, hingga lembaga pelatihan pengembangan diri (self improvement / self development).

kenapa hal-hal yang berkaitan dengan relaksasi dan olah tubuh ini menjadi semakin populer?

secara logika sederhana, mungkin bisa saya jelaskan seperti ini, dengan semakin banyaknya penduduk dan kepadatannya, maka semakin banyak pula tingkat gesekan baik dalam hal ekonomi, sosial, budaya, religi, dan masih banyak lagi. ditambah dengan semakin tipis, rentan, rapuh tingkat keyakinan kepada Tuhan YME, dan semakin rendahnya adab serta kesadaran ruhaniyah manusia - membuat alam menjadi hilang keseimbangan, seiring dengan hilangnya keseimbangan dalam diri manusia...

saat ini, barangkali umumnya, banyak orang yang hidup tetapi mati. berjalan bagaikan robot - kalau tidak saya sebut sebagai mayat hidup. mulai dari membuka mata, hingga menutup mata. apa yang menjadi prioritasnya hanya memenuhi kebutuhan lahiriyah nya saja. uang, uang, uang, jabatan kekuasaan, pengaruh, popularitas, dan sejenisnya.

kebutuhan ruhaniyahnya dicampakkan. manusia macam ini rela dan tidak segan-segan menghisap darah dan memakan daging sesama manusia, yang penting keinginan nafsunya tercapai.

akhirnya, fenomena-fenomena tragis, makin sering kita lihat dan dengar terjadi di sekeliling kita. misalnya, anak membunuh orangtua, orang tua memperkosa anak, anak mencabuli sesama anak di bawah umur, guru agama menodai kesucian muridnya, hubungan antar sesama jenis, meluasnya candu pornografi dan obat terlarang, merajalelanya riba, melazimnya perbuatan zina mulai dari anak sekolah dasar hingga orang lanjut usia, bunuh diri dan masih masih banyak lagi...

semua hal tersebut, antara lain, diakibatkan hilangnya keseimbangan ruhani dan jasmani dalam diri manusia. hilangnya kesadaran sejati kita sebagai manusia dan sebagai mahluk Tuhan.

sebagai puncaknya, orang mencapai titik jenuh dalam hidupnya. lalu mulai mencari titik keseimbangannya, berusaha mencapai kondisi fitrahnya lagi, yang selama ini musnah. kembali kepada nilai-nilai kemanusiaan dan ketuhanan yang hakiki dan sempurna.

namun, sebagai akibat dari perbuatannya dahulu, tentu banyak bekas atau jejak kerusakan dalam tubuh manusia. berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, darah tinggi, maag dan asam lambung, vertigo, gagal ginjal, diabetes dll  - sangat mungkin terjadi akibat ketidak harmonisan dan ketidakseimbangan ini.

nah, itulah sebabnya, kenapa hal-hal yang terkait dengan olah tubuh dan relaksasi untuk mencapai keseimbangan ini menjadi begitu populer, dengan harapan manusia menjadi kembali tenang, kembali bahagia, kembali sehat dan sejahtera.

Meditasi untuk mencapai relaksasi




meditasi adalah latihan memfokuskan pikiran untuk membantu pelakunya memiliki kesadaran penuh dan merasa tenang. Praktik ini umumnya dijalankan dengan duduk tenang dengan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur selama setidaknya 15-20 menit [1]

dalam referensi lainnya dijelaskan bahwa meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Makna harfiah meditasi adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan. Arti definisinya, meditasi adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku. [2]

menurut saya pribadi, meditasi adalah sikap diam tapi bergerak, bergerak tetapi diam, dalam ketenangan pikiran dan ketenangan hati. silahkan anda tafsirkan sendiri.

untuk mencapai ketenangan pikiran dan hati ini bagaimana?

jawaban untuk tiap orang pasti akan dan harus berbeda. tergantung dengan kondisi jiwa raga, jasmani ruhani, mental spiritual manusianya.saya tidak bisa menjelaskan anda harus begini atau anda harus begitu... proses saya, dan proses anda berbeda.

tapi tentu saja ada benang merahnya. dan itu adalah sederhana ...

yaitu introspeksi diri yang dilanjutkan dengan pengakuan diri - dalam arti mengakui bahwa anda adalah seonggok daging yang diberi akal, hati, dan kebebasan untuk memilih - tapi kita tidak memiliki apapun. tidak kuasa melakukan apapun. tidak mampu melepaskan diri dari segala jenis keburukan sekecil apapun. tidak ada kebaikan apapun dalam diri ini, kecuali hanya jika karena kehendak Tuhan semata. (istighfar, doa nabi Yunus As, doa nabi Adam As)

di atas adalah kunci pertama. kunci pembuka.

kunci kedua, selanjutnya, anda mengikhlaskan diri anda kepada Tuhan sekaligus mengizinkan apapun Kehendak Tuhan YME kepada anda, terjadilah secara penuh dan sempurna. serahkan segala beban, urusan, dll kepada Tuhan YME. tidak ada beban berat dan hal mustahil bagi-Nya. segala hal adalah sulit, kecuali jika Dia memudahkannya. (tahlil, hauqolah)

kunci ketiga. nikmati dan syukuri. mulai dari hal yang paling dasar pada diri anda, yaitu bernafas...nikmati dan syukuri setiap tarikan dan hembusan nafas. seburuk apapun diri anda, sepalsu apapun diri anda, sekejam apapun diri anda, berapapun hutang anda, seberat apapun penyakit anda... anda masih diberi nafas... selanjutnya, silahkan untuk mengingat kenikmatan-kenikmatan lainnya, sambil mensyukurinya dari hati yang paling dalam (tasbih, tahmid)

tiga kunci di atas, menurut saya cukup sebagai awal atau dasar memulai meditasi untuk mencapai relaksasi.

hal diatas adalah sikap mental yang harus anda siapkan.

adapun mengenai teknisnnya, silahkan anda gali dan cari sendiri. referensi di google banyak sekali tentang cara atau teknik meditasi. ada yang menggunakan visualisasi warna, visualisasi tempat yang indah, visualisasi emosi positif, dengan membakar dupa atau aroma wewangian khusus dan masih banyak lagi,

tapi , ada yang menarik dan ini yang akan saya coba bahas. yaitu mencapai relaksasi dengan cara mendengar atau secara audio - alunan, irama, jenis suara khusus yang memiliki gelombang tertentu , yang dapat membuat gelombang otak kita mencapai gelombang otak dalam kondisi meditatif dan relaks

Relaksasi gelombang otak

Sebelumnya, sekilas saya jelaskan apa itu gelombang otak Berdasarkan spektrum frekuensinya. gelombang otak  dapat diklasifikasikan kedalam beberapa jenis :

1.GAMMA (16 hz – 100 hz)

Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang sangat tinggi, misalnya sedang berada di arena pertandingan, perebutan kejuaraan, tampil dimuka umum, sangat panik, ketakutan, kondisi ini dalam kesadaran penuh. Berdasarkan penyelidikan Dr. Jeffrey D. Thompson (Center for Acoustic Research) di atas gelombang gamma sebenarnya masih ada lagi yaitu gelombang Hypergamma ( tepat 100 Hz ) dan gelombang Lambda (tepat 200 Hz), akan yang merupakan geolombang-gelombang supernatural atau berhubungan dengan kemampuan yang luar biasa.

2.BETA (di atas 12 hz atau dari 12 hz s/d 19 hz)
Merupakan gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami aktifitas mental yang terjaga penuh. Anda berada dalam kondisi ini ketika Anda melakukan kegiatan Anda sehari-hari dan berinteraksi dengan orang lain di sekitar Anda. Gelombang beta dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu high beta (lebih dari 19 Hz) yang merupakan transisi dengan getaran gamma , lalu getaran beta (15 hz -18 hz) yang juga merupakan transisi dengan getaran gamma, dan selanjutnya lowbeta (12 hz ~ 15 hz).

3.Sensori Motor Rhytm (12 hz – 16 hz)
SMR sebenarnya masih masuk kelompok getaran lowbeta, namun mendapatkan perhatian khusus dan juga baru dipelajari secara mendalam akhir-akhir ini oleh para ahli, karena penderita epilepsy, ADHD ( Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) dan Autism ternyata tidak menghasilkan gelombang jenis ini. Para penderita gangguan di atas tidak tidak mampu berkonsentrasi atau fokus pada suatu hal yang dianggap penting. Sehingga setiap pengobatan yang tepat adalah cara agar otaknya bisa menghasilkan getaran SMR tersebut. Dan hal ini bisa dilakukan dengan teknik neurofeedback .




4.ALPHA ( 8 hz – 12 hz )
Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang yang mengalami relaksaksi atau mulai istirahat dengan tanda-tanda mata mulai menutup atau mulai mengantuk. Anda menghasilkan gelombang alpha setiap akan tidur, tepatnya masa peralihan antara sadar dan tidak sadar. Fenomena alpha banyak dimanfaatkan oleh para pakar hypnosis untuk mulai memberikan sugesti kepada pasiennya. Orang yang memulai meditasi (meditasi ringan) juga menghasilkan gelombang alpha. Frekwensi alpha 8 -12 hz , merupakan frekwensi pengendali, penghubung pikiran sadar dan bawah sadar. Anda bisa mengingat mimpi Anda, karena Anda memiliki gelombang alpha. Kabur atau jelas sebuah mimpi yang bisa Anda ingat, tergantung kualitas dan kuantitas gelombang alpha pada saat Anda bermimpi.

5.THETA ( 4 hz – 8 hz )
Adalah gelombang otak yang terjadi pada saat seseorang mengalami tidur ringan, atau sangat mengantuk. Tanda-tandanya napas mulai melambat dan dalam. Selain orang yang sedang diambang tidur, beberapa orang juga menghasilkan gelombang otak ini saat trance, hypnosis, meditasi dalam, berdoa, menjalani ritual agama dengan khusyu. Orang yang mampu mengalirkan energi chi, prana atau tenaga dalam, juga menghasilkan gelombang otak theta pada saat mereka latihan atau menyalurkan energinya kepada orang lain.

Bayi dan balita rata-rata tidur lebih dari 12 jam dalam sehari. Itulah mengapa otak anak-anak selalu dalam fase gelombang alpha dan theta. Perlu diingat, gelombang alpha dan theta adalah gelombang pikiran bawah sadar. Oleh sebab itu, anak-anak cepat sekali dalam belajar dan mudah menerima perkataan dari orang lain apa adanya. Gelombang otak ini juga menyebabkan daya imajinasi anak-anak luar biasa. Ketika mereka bermain mobil-mobilan misalnya, imajinasi mereka aktif dan permainan menjadi sangat seru.

Gelombang otak theta juga dikenal sebagai “gelombang ajaib”, karena berkaitan dengan kekuatan psikis. Berdasarkan penyelidikan para ahli, bahwa banyak terjadi kecelakaan pesawat udara, tabrakan, kebakaran, kecelakaan kapal laut yang menewaskan banyak orang. Namun ada keanehan, beberapa anak balita bisa selamat. Kemungkinan ini dikarenakan anak-anak hampir setiap saat dalam kondisi gelombang theta. Perasaan dekat dengan Tuhan pun akan terjadi apabila kita dapat memasuki fase gelombang theta. Anda mungkin pernah mengalaminya saat Anda berdoa, meditasi, melakukan ritual-ritual agama. Dengan dasar inilah “GOD SPOT” ditemukan.

6.Schumann Resonance (7.83 hz)
Schumann Resonance adalah getaran alam semesta pada frekwensi 7.83 Hz yang juga masuk dalam kelompok gelombang theta. Seseorang yang otaknya mampu menghasilkan dan mempertahan frekwensi ini memiliki kemampuan supernatural, seperti ESP, telepati, clayrvoyance, dan fenomena psikis lainnya. Anak indigo, yaitu anak super cerdas yang biasanya berkemampuan ESP atau Extra Sensory Perception, juga bisa memasuki gelombang ini dengan mudah dan konstan.

7.DELTA (0.5 hz – 4 hz)
Adalah gelombang otak yang memiliki amplitudo yang besar dan frekwensi yang rendah, yaitu dibawah 3 hz. Otak Anda menghasilkan gelombang ini ketika Anda tertidur lelap, tanpa mimpi. Fase delta adalah fase istirahat bagi tubuh dan pikiran. Tubuh Anda melakukan proses penyembuhan diri, memperbaiki kerusakan jaringan, dan aktif memproduksi sel-sel baru saat Anda tertidur lelap.

sumber : mawarizqa

Nah, berdasarkan hal tersebut di atas, maka saat ini peneliti menggunakan suara atau irama khusus dengan gelombang di atas, untuk merangsang otak manusia agar mencapai kondisi gelombang otak yang diinginkan.

khusus untuk tujuan relaksasi pun, terapi relaksasi glombang otak kini kerap digunakan, dengan menggunakan audio mp3 gelombang otak tertentu, sebagaimana disebutkan di atas.

Kesimpulan & Saran


Saat ini, sejauh yang saya ketahui, teknologi terbaru manusia yang telah ditemukan untuk memudahkan manusia mencapai relaksasi adalah dengan cara relaksasi gelombang otak menggunakan audio mp3 gelombang otak tertentu.

efek samping yang ditimbulkan, masih belum diteliti lebih lanjut dan dipublikasikan secara umum.

namun demikian, teknologi relaksasi gelombang otak ini menurut saya bisa anda coba, tentunya dalam batas-batas tertentu. misalnya, lakukanlah tetapi jangan terlalu berlebihan.

bagaimana? mau mencoba? anda bisa mendapatkan audio mp3 gelombang otak untuk relaksasi atau meditasi, di link berikut.


tapi harap diingat, anda harus tetap berhati-hati, karena sumber dari audio mp3 ini bermacam-macam. kita tidak tahu efek apa yang bisa ditimbulkan oleh audio tersebut. paling aman, menurut saya, gunakanlak audio suara alam, misalnya suara air mengalir, sauara air laut, dan lain-lain.

semoga informasi ini bermanfaat



loading...

0 Response to "Relaksasi gelombang otak - cara cepat untuk mencapai relaksasi"

Post a Comment

Popular Posts