Keutamaan dzikir setelah sholat - dari sudut pandang spiritual dan ilmu hikmah

Assalamu'alaikum wr wb

Begitu banyak artikel yang membahas atau mengupas tentang dzikir setelah sholat wajib lima waktu dari sudut pandang sunnah rosululloh saw berikut dengan keutamaannya, dalil-dalilnya dlsb.

kali ini admin, akan berbagi dan mengangkat topik tersebut di atas, dari sudut pandang spiritual dan ilmu hikmah.

silahkan di simak, semoga bermanfaat...

Latar belakang 


Seringkali, kita khususnya sebagai ummat Islam, melakukan beraneka macam ritual ibadah secara rutin, hanya berdasarkan seruan dan perintah semata. namun sedikit sekali kita melakukannya dengan kesadaran dan keikhlasan. hal tersebut tidak salah, tetapi menurut hemat saya pribadi, kurang sempurna.

sayangnya, bicara mengenai kesadaran dan keikhlasan, ini bukan perkara yang mudah dicerna serta difahami oleh akal, diresapi oleh hati, dan disepakati oleh semua orang. karena dua kata tersebut yaitu, sadar dan ikhlas, keduanya memiliki makna yang luas dan dalam. terlebih bila dikaitkan dengan ritual ibadah.

oleh sebab itu, Allah swt dan rosul-Nya pun tidak pernah membebani apalagi menuntut kita, agar mengetahui makna di balik kata sadar dan ikhlas dalam beribadah. cukup bagi kita untuk melaksanakan apa yang diperintahkan, baik perintah maupun larangan.

akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa manusia di anugerahi akal dan hati. pikiran dan perasaan. tidak mungkin Allah menciptakan sesuatu yang sia-sia. pun, terkait dalam hal ritual ibadah pun demikian. selalu ada saat, dimana pikiran dan rasa ini tunduk kepada-Nya secara mutlak dengan kesadaran penuh, penuh keikhlasan.

karena apa? karena pada saat itu, diri kita menemukan "kebenaran" dalam perintah-Nya. karena diri ini menemukan "bukti" akan perkataan-Nya, karena diri ini menemukan "kunci" hasanah rahasia kegaiban dalam kenyataan-Nya ('alimul ghoibi was syahadah)...

Itulah yang terjadi dalam konteks spiritual, dalam hasanah ilmu hikmah. proses tersebut di atas lah yang kelak menjadi sebuah ilmu sekaligus pencerahan jiwa. Uniknya... dan memang sudah menjadi ketetapan-Nya, bahwa semua pencerahan tersebut justru hanya mengarah ke satu titik. yaitu kebenaran sejati sang Dzat Tunggal Maha Suci dan Sempurna, yaitu Allah swt.

dan tidak dapat dipungkiri pula, bahwa tiap-tiap manusia memiliki kodrat dan kadar berbeda. begitu pula tingkat kesadaran spiritualnya.

Oleh karena itu, dalam pembahasan ini, penulis hanya sekedar sharing, mengenai keutamaan dzikir setelah sholat, dari sudut ilmu hikmah dan spiritual, dengan bahasa dan perumpamaan yang paling sederhana dan mudah diterima oleh akal.

jadi tidak perlu khawatir ...

Kenapa kita perlu berdzikir setelah sholat?


Sholat. kita bicara sholat. sebuah ritual wajib bagi ummat islam. kewajiban ini tidak bisa di tawar-tawar lagi manakala manusia sudah mencapai masa akil baligh. Tidak boleh ditinggalkan, dalam kondisi apapun dengan alasan apapun, hingga akhir hayat. rasanya kita semua sepakat akan hal ini.

Banyak dalil mengenai hal ini. silahkan anda baca sendiri.

penulis hanya akan sedikit mengupas hikmah sholat, yang nantinya akan terkait dengan jawaban kenapa kita sangat dianjurkan berdzikir setelah sholat.

Sholat, adalah sarana tunggal "resmi" untuk berkomunikasi dan berdialog dengan Allah swt. tidak ada sarana yang paling utama, wajib dilakukan, selain sholat - tidak ada ritual lain yang menyamai kedudukan sholat, apalagi menggantian kedudukan sholat.

sholat juga wujud ketundukkan dan keikhlasan manusia, kepada Dzat Pencipta. di dalam sholat, kita berikrar dan menyatakan kehambaan diri kita sekaligus pengakuan bahwa Allah sebagai Dzat tunggal yang kita sembah.

oleh karena pemahaman tersebut, maka, disadari atau tidak, pada saat sholat sesungguhnya sudah sepantasnyalah jika kita merasakan momen kehadiran-Nya. seolah kita berhadapan langsung dengan-Nya. tiap perkataan dan gerakan dalam sholat, terasa langsung di awasi oleh Nya. begitu pula dengan gerak batin kita.

sungguh aneh rasanya, jika kita melakukan sholat dalam keadaan "mabuk". tidak sadar - lupa rokaat, lupa dengan arti dan makna bacaan sholat, ingat kepada hal lain selain Allah, tergesa-gesa dlsb.

padahal, pada saat sholat, kita seolah-olah memasuki portal ilahi dan terhubung langsung dengan Dzat mutlak tanpa hijab. Maka pada saat itu, bila kita menyadarinya, getaran sel-sel, atom, listrik, kimiawi tubuh melakukan proses positip untuk jiwa dan raga tubuh. proses positip ini meliputi segala hal terkait dengan kesehatan jiwa dan raga. ibaratnya kita memasuki sebuah dimensi penuh energi positip tingkat wahid yang melimpah ruah tanpa batas....

ya, sholat sejatinya adalah meditasi dan tafakur tingkat tinggi. ibarat internet, kita sedang mengakses sebuah situs yang sangat penting, tempat berkumpulnya segala informasi lengkap tanpa batas, dan siap untuk kita download atau unduh! ibarat kita sedang singgah ke sebuah istana, dimana kita diberi hak untuk bertemu dan berdialog langsung empat mata dengan sang maharaja! bisa juga kita ibaratkan dengan mesin charge , namun yang di charge ini adalah jiwa dan kesadarannya.

oleh sebab itu, Allah mengatakan bahwa sesungguhnya sholat itu dapat mencegah perbuatan keji dan munkar!

tetapi itu hanya perumpamaan saja , yang tentunya sangat jauh dari realita sesungguhnya. sholat lebih luar biasa dan dahsyat dari itu!

Nah, terkait dengan pertanyaan, kenapa sih, kita dianjurkan berdzikir setelah sholat fardhu ini, maka jawaban sederhananya adalah... kita memanfaatkan , menggunakan momentum terbaik , saat jiwa dan raga ini baru 'keluar' dari dimensi ilahiyah, untuk melakukan suatu afirmasi positip, yang berisi kalimat-kalimat suci, atau doa, atau puji-pujian , permohonan ampunan, perlindungan, dlsb...

ibaratnya, kita baru membakar arang hingga menyala, lalu kita bubuhkan serbuk cendana, sehingga dupa tersebut membakar serbuk cendana tersebut hingga mengeluarkan wewangian yang luar biasa (ini ketika sholat). lama kelamaan arang tersebut habis dan padam, tetapi sisa sisa serbuk cendana masih mengeluarkan asap dan wewangian walaupun arang sudah padam (ini ibaratnya setelah kita selesai sholat). sampai keadaan tersebut akhirnya lama-kelamaan hilang.

nah, selepas sholat pun , menurut saya bisa dianalogikan demikian. sisa-sisa energi ilahiyah masih meliputi jiwa dan raga kita. momen itulah yang kita gunakan. dan momen itu adalah persis setelah kita selesai melaksanakan sholat. ya tentunya, sholat dengan kesadaran sebagaimana yang saya sebutkan di atas...



Apa dzikir yang paling utama setelah sholat?


Sekali lagi, kalau kita bicara tertib ritual ibadah, tentunya kita harus mengacu kepada contoh yang ada. sumbernya yaitu dari rosululloh saw.

tetapi, perlu diingat bahwa, Allah swt tidak pernah melarang kita untuk berdzikir kepada-Nya , tidak membatasi kita untuk menyebut nama-Nya, dlsb. malah, dalam sebuah ayat disebutkan bahwa kita dianjurkan untuk menyebut nama-Nya sebanyak-banyaknya agar kita beruntung. artinya, selama kita berdzikir dalam rangka mengingat-Nya (menyebutnya dalam ingatan, perasaan, lisan, perbuatan), maka silahkan saja kita lakukan semampunya, sekuatnya - tanpa ada keharusan untuk mengkhususkan diri hanya pada apa yang sudah dicontohkan oleh rosululloh saw.

nabi saw adalah contoh universal yang minimalis. beliau paling susah hidupnya, beliau adalah contoh dan rahmat bagi seluruh alam hingga akhir zaman. baik jin maupun manusia.

maka, apapun yang dilakukan nabi saw, PASTI, dapat dilakukan oleh kaum manapun, dengan kondisi paling mustahil sekalipun. tidak ada alasan bagi manusia untuk mengatakan ucapan " ah , itu kan nabi, kita hanya manusia biasa dan paling menderita di dunia!"

itulah sunnah rosul. yaitu ucapan dan perbuatan nabi , yang sejatinya panduan nyata dari Allah swt untuk kita, ummat islam, berlaku umum. itulah yang dinamakan dengan ritual ibadah atau syareat. diluar panduan tersebut, sebenarnya ada lagi... tetapi, bersifat pribadi dan dibahas secara khusus. lho, aliran apa ini? koq masih ada tuntunan diluar alquran dan hadis?

baik, saya tidak akan melanjutkan pembahasan ini. di artikel lainnya, insyaallah akan saya bahas lagi secara lebih luas dan dalam. kita kembali ke bacaan dzikir setelah sholat.

secara spiritual. hal yang penting bagi jiwa kita adalah kerendahan hati dan pengakuan diri (istighfar). selanjutnya adalah pengakuan terimakasih alias bersyukur atas apa yang kita terima (hamdalah)

itu saja sudah cukup. ketika kita mengucap istighfar dan hamdalah selepas sholat, maka reaksinya sangat dahsyat bagi jiwa dan raga. segala beban seolah lepas dari tubuh ini lahir dan batin. lalu selanjutnya, kita 'dipaksa' sekaligus dilatih untuk mengingat semua kenikmatan yang telah kita terima detik per detik, mulai dari nikmat nafas, iman, islam, hidup dan kehidupan, dan seterusnya...

jiwa ini terasa ringan. hati ini seolah mengembang, lega bahkan bahagia. otomatis ragapun menjadi lebih segar. silahkan buktikan!

tetapi hal tersebut sangat jauh dibawah standar sebagaimana yang nabi saw contohkan. karena itu sebaiknya, setelah sholat, kita juga mengucapkan beberapa kalimat afirmasi , atau kalimat dzikir lainnya yang sangat baik untuk memperkuat ruhani dan jasmani kita.

kalimat dzikir setelah sholat fardhu yang standar minimal sesuai tuntunan nabi saw adalah sebagai berikut :

- istighfar (3 macam istighfar : istigfar nabi saw, istigfar nabi yunus as, istigfar nabi adam as)

- doa selamat

- tasbih, tahmid, takbir 33x

- tahlil 10x

- sholat nabi saw

- alfatiha, al ikhlas, al falaq, annas, ayat kursi (boleh 1x, 3x dst)

- doa atau dzikir lain yang anda sukai lain sesuai kebutuhan, dll..

- ditutup dengan doa sapu jagad, sholawat dan alfatihah. jangan lupa meminta ridho-Nya.

- lebih baik lagi jika anda meniupkannya pada tangan lalu mengusapkannya pada seluruh tubuh, lalu meniupkannya pada segelas air putih untuk anda minum. atau diminum oleh siapa saja yang dekat dengan anda atau yang membutuhkannya. anak, istri, kerabat dll....

nah, mudah dan ringan kan?
coba anda lakukan dengan sikap posisi yang baik dan benar. tenang. hadirkan hati, bayangkan seolah olah anda sedang berdialog langsung dengan Nya.

anda bisa buktikan kedahsyatannya...

mohon maaf, dzikir tersebut di atas, pasti sudah anda amalkan secara rutin. atau, minimal anda pernah tahu. sangat sederhana. tetapi apakah selama ini sudah mendarah daging dan anda sudah merasakan 'khasiat' nya?

anda pasti tidak percaya bahwa dzikir tersebut, merupakan cara ampuh untuk meningkatkan dan memperkuat kualitas spiritual anda sekaligus sebagai sarana untuk orang lain yang membutuhkan pertolongan....

Kesimpulan


satu ritual ibadah seribu niat dan tujuan. bermacam-macam maksud yang terbersit dalam hati tiap manusia. Allah swt tidak pernah mempersoalkan hal itu. apalagi kita. kita tidak berhak menghakimi niat dan hati seseorang.itu adalah urusan mahluk dan sang kholiq.

yang penting, bagi kita adalah, selalu berusaha semampunya, untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. baik secara syareat maupun secara hakikat.

karena, sejatinya, kita ini menyembah Tuhan, yang bernama Allah swt..

jangan sampai kita menyembah sesuatu, tetapi kita tidak mengenal apa yang kita sembah. kalau demikian, apa bedanya dengan menyembah berhala?

dan berdzikir, khususnya berdzikir setelah sholat, menurut penulis adalah momen yang paling baik untuk mengingat kembali dalam tatanan kesadaran tertinggi, siapa pencipta dan sesembahan kita, apa perjanjian kita dengan-Nya, apa tugas dan kewajiban jiwa raga di dunia ini, kemana kita akan pulang dan harus bagaimana agar selamat, dan masih banyak lagi..... 

semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya penulis.

aamiin yra





loading...

0 Response to "Keutamaan dzikir setelah sholat - dari sudut pandang spiritual dan ilmu hikmah"

Post a Comment

Popular Posts